Tips Mengatasi Dinding Rumah yang Lembab

Musim hujan sudah datang atau tembok sebelah kamar mandi pastinya membuat tembok rumah menjadi lembab dan rentan berjamur, karena tidak indah di pandang selain itu warna cat pada dinding akan mengelupas jika di biarkan terlalu lama akan semakin menipis. Dan tidak hanya itu bau yang kurang sedap juga akan tercium, serta tembok yang lembab akan membahayakan kesehatan keluarga dirumah. Jangan menyalahkan hujan atas akibat-akibat diatas, disini kita akan membahas bagaimana caranya untuk mengatasi dinding rumah yang lembab. Ada beberapa item yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki dan merawat dinding yang lembab

  • Perhatikan talang dan pipa air

Jika talang dibiarkan bocor atau rusak maka akan menjadi jalannya masuk air hujan menuju ke tembok. Jika kamu sudah mengetahui talang dirumahmu bocor atau rusak segera periksa penyebab kebocoran, seringnya talang bocor disebabkan saluran pembuangan pada talang tersumbat kotoran, kalua benar begitu pastinya perlu dibersihkan tapibila sebab kebocoran karena ada lubang maka tambal pada bagian yang bocor atau jika perlu diganti yang baru.

  • Membersihkan jamur pada tembok

Apabila jamur sudah muncul pada dinding rumah, segeralah untuk membersihkan supaya tidak menjalar kemana-mana. Karena jika kondisi seperti itu dibiarkan terus menerus maka cat pada dinding tidak akan bertahan lama, caranya cukup mudah bersihkan jamur-jamur yang menempel pada dinding, jika jamurnya belum terlalu banyak gunakan cairan cuka yang dicampur air kemudian semprotkan pada area tembok yang terkena jamur, lalu sikat hingga jamur terangkat seluruhnya. Setelah itu amplas dinding yang terkena jamur sampai bersih, tambahkan juga kaporit dengan    di oleskan. Namun jika jamur sudah menyebar  cukup banyak, kamu bisa menggunakan cairan anti jamur atau jika perlu mengelupas cat yang sudah lama kemudian di cat ulang dengan warna yang baru lagi.

  • Cat ulang pada dinding dengan cat waterproof

Dengan melapisi dinding menggunakan cat waterproof adalah salah satu tips supaya dinding rumah tidak lembab, cat waterproof sendiri berfungsi sebagai cat pelapis untuk perlindungan kebocoran atau rembesan pada dinding rumah kamu. Cat waterproof bisa diaplikasikan di dalam ataupun di luar dinding, tujuanya sendiri adalah untuk membuat dinding tahan kedap air dengan begitu bisa mencegah air masuk ke ruangan.

  • Menambahkan pasang keramik pada dinding

Cara yang ampuh untuk mengatasi lembab pada dinding dalam rumah adalah memasang keramik pada dinding. Penggunaan keramik pada dinding sangat efektif dalam mengatasi kelembaban, karena keramik memiliki ketahanan yang sangat kuat terhadap air, dan air tidak akan bisa merembes melewati keramik tersebut. Perhatikan berikut ini jika kamu ingin memasang keramik pada dinding :

-Menggunakan semen khusus dinding

-Memastikan tukang mengoleskan semen keseluruh permukaan keramik

-Menggunakan keramik yang cocok dengan desain ruangan kamu

 

  • Memasang wallpaper

Memasang wallpaper bisa berfungsi untuk menutupi dinding rumah yang berjamur yang sudah kamu bersihkan, sebagai pengganti cat ulang.

  • Membersihkan tumbuhan yang dekat pada dinding rumah

Sangat sering dinding bagian luar kurang kita perhatikan, bahkan sampai bagian luar rumah bisa ditumbuhi rerumputan liar atau bahkan lumut. Yang bisa menyebabkan lembab sampai menjalar ke dinding bagian dalam rumah.

  • Rajin membersihkan tembok

Untuk mencegah terjadinya dinding lembab dan pecah-pecah, kamu harus rajin membersihkan tembok rumah kamu, minimal dengan air supaya dinding rumah bebas dari jamur dan kotoran.

 

Jika kamu susah untuk melakukan perbaikan dinding rumah yang kondisinya lembab, dan kamu tidak sempat untuk memperbaiki, disini TukangMalang.com hadir untuk membantu mengatasi masalah kamu, disini kamu juga bisa konsultasi dengan ahlinya loh… tunggu apa lagi ayo buruan hubungi TukangMalang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *